Sab. Agu 17th, 2019

Ratusan Bidan Disumpah

Pemkab Gelar Pelatihan Midwifery Update Dan Penyumpahan Profesi Bidan 

portalbangkep.com – Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan melalui Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Bangkep menggelar  Pelatihan Midwifery Update, yang dirangkaikan dengan Penyumpahan Profesi Bidan dan seminar sehari, di ruang pertemuan Bappeda dan Litbang Kabupaten banggai Kepulauan, Selasa (5/3/2019).

“Selaku pemerintah  Kabupaten  Banggai Kepulauan,  saya  menyambut baik atas diselenggarakanya  kegiatan  ini, karena  kegiatan  ini  bertujuan  untuk  menjaga  mutu  serta  meningkatkan  keterampilan  dan kompatensi  bidan di  daerah  ini, sehingga  dapat  memberikan  pelayanan  berkualitas terhadap  kesehatan  ibu, bayi, balita dan kesehatan reproduksi, termasuk  pelayanan keluarga  berencana, kata Plt. Bupati Banggai Kepulauan H. Rais D Adam pada sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Eka Susilawati.

Lebih lanjut kata Plt. Bupati bahwa Bidan memiliki peranan yang sangat penting sebagai mitra perempuan dan merupkan tenaga kesehatan profesional  staretegi dalam peningkatan  ibu dan anak di indonesia.  Bidan sebagai mitra perempuan merupakan profesi yang memiliki  pekerjaan  dengan  kompleksitas  dan  tanggngjawab  yang  besar, Sebagai  salah satu tenaga kesehatan, bidan juga  memiliki tugas dan fungsi memberikan pelayanan kebidanan untuk meningkatkan status kesehatan ibu dan anak, khususnya kesehatan reproduksi perempuan serta tumbuh  kembang bayi dan balita. 

Tidak kalah penting  yaitu, tambahnya,  pengawasan kehamilan dan persiapan kelahiran serta kesiapan menjadi orang tua merupakan bagian yang sangat penting  yang  harus perhatikan  seorang bidan. Disampaing itu, bidan sebagai mitra perempuan dan sebagai role model bagi keluarga, diharuskan memiliki kesiapan untuk memberikan pelayanan kebidanan yang berkualitas dan hal tersebut menjadi kebutuhan yang mendasar. selain itu pula, dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, bidan  harus mampu mematuhi peraturan  perundang-undangan yang berlaku.

Diakhir sambutannya, Beliau juga  menyampaikan  ucapan terima  kasih  kepada  pengurus  ikatan bidan  indonesia  kabupaten  Banggai  Kepulauan   yang  telah  melaksanakan  kegiatan  ini,  semoga  lewat  kegiatan  ini  semakin  menambah  ilmu  kebidanan  kepada  seluruh  bidan  di  daerah  ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh, Pabung 1308/LB, Ketua Ikatan Bidan Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah, Para Kepala Opd Lingkup Kabupaten Banggai Kepulauan, Ketua Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Banggai Kepulauan, Para Bidan. Cici/ Humpro