Website Ini Diproteksi
Ming. Jun 16th, 2019

Program Pertanahan 2019, Kabupaten Bangkep Dapat Jatah 7.440 Sertipikat

Kades Diharapkan Jemput Bola

portalbangkep.com – Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) pada tahun 2019 ini akan mendapatkan pagu sebanyak 7.440 sertipikat tanah.

Adapun kuota sertifikat melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dibiayai dari anggaran APBN tersebut bertambah jatahnya dibandingkan pagu tahun yang lalu yang hanya sebanyak 4.850 sertipikat bidang tanah.

“Sesuai dengan target untuk tahun ini di kabupaten Bangkep sebesar 7.440. Semoga program ini bisa terealisir dengan baik,” tutur Kepala BPN Kabupaten Bangkep H Firman S Laoh APtnh MSi.

Firman menjelaskan, jatah 7.440 penerbitan sertipikat tanah itu tersebar di beberapa desa dari 12 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bangkep. Namun, tidak semua kecamatan mendapat jatah dalam program PTSL, karena pagu sejak awal sudah ditentukan oleh pusat.

Untuk merealisasikan jumlah pagu yang sudah menjadi jatah Kabupaten Bangkep itu, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Ia berharap dukungan semua pihak, terutama Pemkab Bangkep dan stakeholder terkait serta masyarakat.

“Guna merealisasikan program kami akan turun ke desa untuk menyosialisasikan program PTSL ini. Kami mohon dukungan dari Bapak Bupati, DPRD, Forpimda, camat dan lainnya agar program ini sukses dan berjalan lancar tanpa ada kendala apapun,” harapnya.

Ia juga menambahkan jika sasaran utama PTSL sesuai dengan aturan yang ada adalah tanah atau bidang-bidang tanah yang ada di desa baik tanah masyarakat, instansi pemerintah, tanah wakaf, ataupun tanah-tanah yang lain termasuk milik BUMN serta BUMD.

Perlu diketahui, program PTSL merupakan kelanjutan dari Prona. Hanya sedikit ada perbedaan, kalau Prona ditujukan pada masyarakat yang kurang mampu, sementara PTSL bersifat kolektif dalam satu desa.
Untuk biaya, ia menyebutkan nol rupiah atau gratis dari BPN.

Masyarakat hanya dikenakan biaya pra PTSL. “Biaya pra PTSL seperti untuk pemberkasan, beli patok, materai, dan menyiapkan berkas-berkas di desa. Di Bangkep ini belum ada peraturan baik itu perda maupun perbup yang mengatur,” jelas Firman.

Tahun 2019 ini, empat kecamatan di Bangkep mendapatkan alokasi PTSL yaitu kecamatan Totikum Selatan, Kecamatan Totikum, Bulagi Utara dan Tinangkung. Sementara lokasi kecamatan objek TORA yaitu Totikum dan Bulagi Selatan. (bas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *