Sab. Agu 17th, 2019

OSN SD Kabupaten Bangkep Dimulakan

Olimpiade Sains ini merupakan wahana untuk menumbuh-kembangkan  bakat anak didik dalam bidang sains, sebagai wahana untuk mengukur standar pendidikan  sejauh mana para guru  mereka dalam mengaplikasikan kurikulum ketuntasan ketika proses pembelajaran

portalbangkep.com – Asisten I Bidang Sosial dan Pemerintahan, Drs. Muchsin Sasia, MM membuka dengan resmi kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Dasar  tingkat Kabupaten Banggai Kepulauan yang bertempat di  sekolah SD N Inpres I Salakan, Selasa (5/3/2019).
 

Pada sambutan Plt. Bupati Banggai Kepulauan H. Rais D Adam yang dibacakan oleh Asisten I saat membuka kegiatan tersebut mengatakan untuk bisa bersaing dalam menghadapi permasalahan di abad ke-21 yang semakin kompleks, anak – anak didaerah Kabupaten Banggai Kepulauan harus tumbuh dengan karakter modern.

Untuk itulah anak-anak didik harus memiliki penguasaan sains dan teknologi, karena sains dan teknologi itu mutlak dan penguasaan sains bukan hanya ilmu sins terapan tapi juga ilmu murni, sehingga terwujud generasi yang kompetitif, berkarakter dan adaptif terhadap perubahan, terangnya.

“Kedepann tambahnya, anak-anak  harus mempunyai beberapa pilar karakter ideal dalam menyongsong masa depan, yang pertama kebiasaaan untuk punya rasa ingin tahu dan kebiasaan untuk kerja keras, kedua, meningkatkan pemahaman atas sebuah masalah, ketiga biasakanlah untuk bereksperimen dalam hal-hal positif dan harus meningkatkan rasa skeptik,” jelasnya.

Untuk terwujudnya ke tiga pilar tersebut, Sambungnya, tentunya atas peran serta para guru-guru selaku pendidik, untuk itu, marilah kita bersama-sama wujudkan pendidikan di Kabupaten Banggai Kepulauan sesuai dengan Kaidah dan aturan yang telah ditetapkan, sehingga anak-anak kita bisa bersaing dengan peserta didik di daerah lainnya yang telah mengalami kemajuan di dunia pendidikan. 

Diakhir sambutannya Beliau berharap dalam berkopetensi sains diharapkan integritas, kejujuran dalam Olimpiade Sains ini dapat dijunjung tinggi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banggai Kepulauan, Mudin Sahata, ST mengatakan dalam olimpiade ini dilaksanakan lomba Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam rangka menumbuhkan karakter anak didik.

“Olimpiade Sains ini merupakan wahana untuk menumbuh-kembangkan  bakat anak didik dalam bidang sains, sebagai wahana untuk mengukur standar pendidikan  sejauh mana para guru  mereka dalam mengaplikasikan kurikulum ketuntasan ketika proses pembelajaran”

Kepala Seksi Peserta didik Haslinda S.Pd dalam laporannya mengatakan  kegiatan ini bertujuan demi terlaksananya program olimpiade sains nasional dasar tahun 2019, terseleksinya siswa yang akan mengikuti olimpiade di tingkat provinsi dengan hasil yang baik dan memuaskan.

Kegiatan ini di ikuti oleh 72 siswa yang terdiri dari peringkat I mata pelajaran Matematika dan IPA di 12 Kecamatan Se- Kabupaten Banggai Kepulauan serta turut dihadiri oleh kepala sekolah bersama para guru. (Cici/Humpro)