Website Ini Diproteksi
Ming. Jun 16th, 2019

Dinsos Gelar Sosialisasi Bantuan Tahun 2019

Bantuan Untuk Tujuan Jangka Panjang


portalbangkep.com – Sebagai Upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu, Dinas Sosial Kabupaten Banggai Kepulauan gelar kegiatan  sosialisasi bantuan berupa bantuan Stimulant, Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) dan Bantuan Pangan Non Tunai.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) kecamatan Tinangkung Selasa (5/3/19). Dihadiri oleh  Sekretaris daerah Kabupaten Banggai Kepulauan, unsur forkopimda, para Kepala OPD, Pemateri, Camat bersama Jajarannya, para Kepala Desa, Operator Desa dan Pendamping PKH serta Tenaga Kesejahteraan Sosial.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan ini, agar para peserta sosialisasi lebih memahami tugas dan tanggungjawabnya saat membagikan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan”, kata Plt. Bupati Banggai Kepulauan, H. Rais D Adam  Pada sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris daerah, Rusli Moidady ST., MT.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Bansos Rastra bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan akses masyarakat miskin dalam pemenuhan kebutuhan pangan pokok, sedangkan bantuan pangan  non tunai (BPNT) dapat digunakan untuk penerima manfaat untuk membeli beras dan atau telur sesuai jumlah dan kualitas serta pada waktu dan tempat yang diinginkan. 

Tambahnya, bahwa bantuan pangan non tunai memiliki tujuan yang lebih luas yaitu untuk memberikan nutrisi yang lebih seimbang, memberikan pilihan dan kendali kepada rakyat miskin dan rentan, mendorong usaha eceran rakyat dan memberikan akses jasa keuangan kepada rakyat miskin dan rentan serta mengefektifkan anggaran. 

“Untuk keberhasilan pelaksanaan penyaluran ketiga bantuan sosial, dibutuhkan suatu pedoman bagi para pengelola program, pelaksana kegiatan dan pihak-pihak terkait lainnya, sehingga proses penyaluran berjalan dengan baik dan lancar. Lakukan koordinasi dan pengawasan baik ditingkat Kabupaten, Kecamatan maupun tingkat desa, sehingga tidak terjadi penyelewengan dalam penyaluran kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa menikmati bantuan tersebut,” pesan Rusli. (Cici/ Humpro)