Website Ini Diproteksi
Sab. Apr 20th, 2019

DPRD Bangkep Ingatkan Bupati Soal Sawit

Rapat paripurna DPRD Bangkep pada Jumat (5/4/19) terkait rekomendasi DPRD Bangkep kepada Bupati Bangkep

DPRD Keluarkan Rekomendasi Terkait Sawit

portalbangkep.com – DPRD Banggai Kepulauanmengeluarkan tiga rekomendasi terkait persoalan perkebunanan kelapa sawit di Banggai Kepulauan. Pada sidang paripurna DPRD Bangkep, Jumat (5/3/2019) DPRD yang dipimpin KetuaMuh Risal Arwie, menyampaikan rekomendasi tersebut.

Isi rekomendasi tersebut antara lain : 1, Mencabut izin prinsip perkebunan kelapa sawit yang dipegang PT Agrodeco Dutakarsa. 2, Membentuk rim investigasi penyelesaian persoalan kelapa sawit di kabupaten Bangkep. Dan rekomendasi terakhir, mendesak pihak perusahaan untuk mengembalikan sertifikat hak milik petani yang dikuasasi oleh pihak PT Agrodeco Dutakarsa.

Beberapa pertimbangan terkait lahirnya rekomendasi tersebut karena pengalihan lahan masyarakat untuk perkebunan kelapa sawit tidak memberikan nilai tambah baik ekonomi maupun ekologis. Alasan lainnya perkebunan kepala sawit di bangkep selama lima tahun lebih dinilai gagal mensejahterakan masyarakat bahkan justru sebaliknya hanya menjadikan polemic yang berkepanjangan bagi masyarakat Bangkep.

Pertimbangan lain DPRD Bangkep jauh sebelumnya sudah menolak kelapa sawit dan juga telah melakukan kajian akademik dari UGM.

Pada sidang paripurna, lembaga DPRD Bangkep mengundang perwakilan masyarakat. Bahkan ketua DPRD mempersilakan perwakilan masyarakat Habib Muhammad untuk menyampaikan pendapat di atas mimbar yang disediakan. Meskipun pada saat sidang paripurna tidak dihadiri Plt Bupati Bangkep H Rais Adam yang saat itu di Palu, dan hanya dihadiri 14 anggot DPRD dari 25 anggota DPRD Bangkep.

Meskipun demikian, rapat paripurna mencapai kouorum. Dan Ketua Muh Risal Arwie menngingatkan kepada plt Bupati Bangkep agar rekomendasi yang dikeluarkan DPRD Bangkep bisa ditindak lanjuti demi keharmonisan antara Bupati dengan DPRD Bangkep. (admin)