Website Ini Diproteksi
Sab. Apr 20th, 2019

Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkep Mutakhirkan Data Profil Kesehatan 2018

Pertemuan sinkronisasi kelengkapan data profil kesehatan 2018 di Salakan, 26 Maret 2019


Portalbangkep.com – Mengingat pentingnya untuk memastikan capaian pembangunan kesehatan di masa mendatang, Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) melaksanakan pertemuan sinkronisasi kekengkapan data profil kesehatan tahun 2018, yang dilaksanakan di Salakan, Selasa (26/3/19).

Pertemuan tersebut dihadiri oleh kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkep dr Silveria O Bailia MM serta kepala puskesmas, pustu se Kabupaten Bangkep.

Ketua Panitia Bayu Akbar Sipatu SKM SSos MKes, mengatakan pertemuan ini dimaksudkan agar Dinas Kesehatan mendapatkan data-data dalam profil kesehatan yang valid, tepat, serta  untuk mendapatkan data dasar puskesmas yang terbaru atau kondisi terkini untuk kebutuhan evaluasi dan pengambilan keputusan .

Bayu menyampaikan pentingnya pertemuan validasi data profil kesehatan untuk mendapatkan data-data yang benar-benar satu dan valid satu sama lain. Oleh karenanya, puskesmas yang data-datanya masih belum lengkap agar dapat melakukan konfirmasi dan koordinasi kepada pengelola program kesehatan yang turut hadir dalam pertemuan validasi data profil kesehatan.

Sementara itu, dr Silveria mengatakan untuk menghasilkan data yang akurat, valid dan tepat waktu memang bukanlah hal yang mudah, tetapi bukan juga hal yang mustahil untuk dilaksanakan.

Komitmen adalah hal yang sangat penting di dalam data informasi, yaitu komitmen untuk menghasilkan data sesuai fakta yang ada. “Kita harap, pertemuan ini, mendapatkan data yang valid, yang memiliki satu angka. Satu angka yang sama dari berbagai indikator baik itu di kabupaten/ kota maupun provinsi hinggga ke pusat,” ujarnya. (bas)