Website Ini Diproteksi
Sab. Apr 20th, 2019

Tiga Arah Kebijakan Pembangunan Tahun 2020 Kabupaten Bangkep

Plt Bupati Bangkep H Rais Adam, Ketua DPRD Bangkep Risal Arwie dan Kepala Bappeda Ari Susanto saat menyimak pemaparan program Dinas Pendidikan, pada Forum OPD Kabupaten bangkep Senin (18/3/19).

Untuk itu, tahun ini kiranya mampu merumuskan kebiajakan dan program strategis untuk memacu percepatan pencapaian target pembangunan kabupatenBangkep sebagaimana tertuang dalam perda Kabupaten Bangkep nomor 8 tahun 2017 tentang RPJMD tahun 2017-2022 Kabupaten Bangkep,”

H Rais Adam – Plt Bupati Banggai Kepulauan

Portalbangkep.com – Badan Perencanaan Pembangunan dan Litbang Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah atau Forum OPD untuk pelaksanaan kegiatan tahun 2020. Forum OPD dilaksanakan di auditorium Bappeda Kabupaten Bangkep Senin (18/3/19).

Tema Forum Perangkat Daerah “Mengembangkan Potensi Ekonomi Lokal Melalui Pemberdayaan dan Dukungan Investasi untuk Meningkatkan Akses Masyarakat dalam Perekonomian”

Forum OPD Pemerintah Kabupaten Bangkep dibuka Plt Bupati Bangkep H Rais Adam. Bupati mengatakan pada kegiatan 2020, Pemerintah Kabupaten Bangkep telah menetapkan arah kebijakan pembangunan kabupaten Bangkep Tahun 2020. Antara lain ;

  1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan, kesehatan dan perekonomian masyarakat
  2. Membangun sarana kebutuhan petani dan nelayan yang cukup dan memadai
  3. Mengembangkan potensi wisata secara serius menuju peningkatan ekonomi rakyat melalui penyediaan infrastruktur penunjang kepariwisataan dan ekonomi.

Bupati mengingatkan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi program kegiatan sebelumnya terdapat kelemahan. Maka, agar pada penyusunan program forum OPD kali ini harus mengingat beberapa hal :

Pertama, penyusunan suatu kegiatan harus jelas indikator kinerjanya bak indikator keluaran maupun indikator hasil yang akan dicapai. Sehingga dapat dilakukan pengukuran kinerja terhadap setiap kegiatan dalam rangka menilai tingkat keberhasilan suatu perangkat daerah dalam proses mewujudkanvisi dan misi kabupaten Bangkep.

Kedua, di dalam perumusan suatu kegiatan harus mampu untuk dilaksanakan pada tahun yang bersangkutan. Dengan kata lain perencanaan disusun dengan memperhatikan kemampuan dan sumber daya yang tersedia.

Ketiga, agar memperhatikan sinergitas baik didalam perangkat daerah itu sendiri maupun antar perangkat daerah terutama dengan kecamatan dan desa. Hal ini dimaksudkan agar dalam forum perangkat daerag semua OPD akan membuka desk bagi utusan kecamatan dan desa agar tercipta sinergitas perencanaan yang dibuat masing masing OPD dengan kebutuhan masyarakat dikecamatan dan desa.

“Untuk itu, tahun ini kiranya mampu merumuskan kebiajakan dan program strategis untuk memacu percepatan pencapaian target pembangunan kabupatenBangkep sebagaimana tertuang dalam perda Kabupaten Bangkep nomor 8 tahun 2017 tentang RPJMD tahun 2017-2022 Kabupaten Bangkep,” jelas Rais.

Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Bangkep Ari Susanto menambahkan metode penyusunan program 2020 pada forum OPD kali ini menggunakan sistem panel langsung. Antara OPD yang bersangkutan langsung berhadapan dengan desa maupun pihak dari kecamatan. “Sehingga melalui panel diskusi secara langsung itu diharapkan, program kegiatan 2020 mendatang langsung kena sasaran. Dan sesuai kebutuhan masyarakat di desa,” jelas mantan Kepala Badan Perizinan terpadus Satu Pintu Kabupaten Bangkep ini.

Ari mengatakan, forum OPD yang dilaksanakan saat ini adalah salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan sebagaimana amanah UU Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Amanah UU tersebut proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama sama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat.

Dalam hal ini masyarakat merupakan mitra kerja pemerintah dalam setiap tahapan proses pembangunan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai pada tahap evaluasi. Masyarakat tidak lagi dijadikan hanya sebagai objek dari pembangunan tetapi masyarakat diikutsertakan dalam proses penentuan arah kebijakan pembangunan.

Forum OPD Kabupaten Bangkep dihadiri Ketua DPRD Bangkep Muh Risal Arwie serta anggota dewan lainnya, dan seluruh kepala OPD sampai kecamatan. (bas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *