Website Ini Diproteksi
Sab. Apr 20th, 2019

Lulusan ke-2, 24 Mahasiswa AKN Wisuda

Wisuda AKN tahun ke-2 tahun 2019 di gedung AKN Bangkep di Kautu 16 Maret 2019

Dan tentu komitmen pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Bangkep akan sangat besar sekali peranannya untuk membuat kehadiran perguruan tinggi ini bisa tetap jalan dengan baik. Karena sebetulnya secara legisitimasi perguruan tinggi ini sudah diakui pemerintah dan ini merupakan bentukan dari pemerintah untuk membuat lulusan SMA/SMK di daerah ini bisa menikmati pendidikan tinggi tanpa pergi ke tempat yang lebih jauh,”

Dr Darmawan – Direktur Politani Pangkep

Portalbangkep.com – Sebanyak 24 mahasiswa/ mahasiswi Akademik Komunitas Negeri (AKN) Banggai Kepulauan diwisuda Sabtu (16/3/19) melalui Rapat Senat Terbuka di gedung AKN Bangkep di Kautu.  Seremonial wisuda dihadiri Plt Bupati Bangkep H Rais Adam, Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Kemendikti Dr Totok Prasetyo BEng MT, Direktur Politani Pangkep DR Ir Darmawan, Ketua AKN Bangkep Drs Cornelis Yabie, Kapolres Bangkep AKBP Aditya Surya Dharma SIK serta pejabat lain.

Wisuda AKN tahun 2019 ini merupakan wisuda ke 2, setelah tahun sebelumnya mewisuda 45 mahasiswa AKN. Dengan lahirnya 24 wisudawan/ wisdawati diharapkan alumni AKN Bangkep bisa berkarya dan berkontribusi buat negeri.

Plt Bupati Bangkep Rais Adam berharap, wisdawan wisudawati AKN bisa berkarya di tengah masyarakat. Membantu masyarakat melalui inovasi teknologi pengolahan hasil perikanan serta budidaya perikanan. Menurut Rais Adam, kedua program studi AKN sangat tepat dengan kondisi masyarakat Bangkep yang lebih banyak berkecimpung di laut dan kebun. “Pemda juga akan selalu menyuport AKN ini menjadi kampus mandiri dan menjadi lebih maju,” ujar Rais Adam.

Sementara itu, Dr Totok Prasetyo berharap AKN kedepan bisa mengikuti kampus induknya Politani Pangkep.  “Kita selalu support karena kita ingin AKN meningkat PSDKU (Program Studi Di Luar Kampus Utama). Jadi tidak hanya jadi akademik komunitas yang bisa menyelenggarakan prodi sampai D2 saja. Kita inginkan AKN Bangkep bisa menyelenggarakan prodi sampai D4 di Pangkep. Kita dari Kemendikti meminta peran serta pemda untuk memfasisitasi kemajuan AKN,” ujar Totok Prasetyo.

Kampus AKN Bangkep merupakan binaan dari Akademi Politani Pangkajene Kepulauan (Pangkep) yang sudah berdiri sejak 2013 lalu di masa Bupati Lania Laosa.

Direktur Politani Pangkep Dr Harmawan mengharapkan dengan kehadiran perguruan tinggi AKN Bangkep akan menjawab angka partisipasi kasar sumber daya manusia yang melahirkan SDM ke jenjang pendidikan tinggi.

Darmawan mengatakan dengan hadirnya Politani Pangkep yang ditugasi Negara membina AKN Bangkep ini sudah dijalankan tanggungjawab sedemikian baik. Namun demi kesinambungan dan kemajuan AKN Bangkep diperlukan support dari pemerintah kabupaten Bangkep dan masyarakat Bangkep.

“Dan tentu komitmen pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Bangkep akan sangat besar sekali peranannya untuk membuat kehadiran perguruan tinggi ini bisa tetap jalan dengan baik. Karena sebetulnya secara legisitimasi perguruan tinggi ini sudah diakui pemerintah dan ini merupakan bentukan dari pemerintah untuk membuat lulusan SMA/SMK di daerah ini bisa menikmati pendidikan tinggi tanpa pergi ke tempat yang lebih jauh,” ujar Darmawan.

Agar AKN semakin eksis, Darmawan mengatakan ada banyak hal yang harus dipenuhi termasuk pengelolaan AKN sendiri yaitu bagaimana sosialisasi ke masyarakat agar masyarakat bisa tahu tentang perguruan tinggi ini dan bagaimana putra putri bisa dimasukkan ke sini agar mahasiswanya semakin banyak dari tahun ke tahun.

“Dari hasil evaluasi kita tentu fasilitas fasilitas yang terakit mendukung proses pembelajaran yang baik harus disupport dengan baik dan tanggungjawab itu bukan hanya tanggungjawab Kementerian riset dan Dikti, bukan hanya tanggungjawab Politani Pangkep sebagai pembina tapi juga tanggungjawab pemerintah kabupaten Bangkep untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan sarana prasarana mensuport kegiatan akademik,” ujar Darmawan.

Sementara itu Kornelis juga menegaskan sebagai pengelola Kampus akan lebih berjuang keras untuk bisa mendapatkan pengakuan bahwa Akademi Komunitas Negeri Bangkep bisa dikenal luas dan bisa menjadi satuan kerja yang otonom. Kemudian berupaya mengajak adik-adik yang ingin melanjutkan sekolah tinggi untuk mau menuntut ilmu di AKN Bangkep. (bas)